CONTOH RENCANA PENYULUHAN KESEHATAN
Sekarang gue lagi belajar blok IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat). Salah satu materi skills lab yang diajarkan itu adalah materi penyuluhan. Sebelum terjun ke lapangan otomatis kita perlu bikin perencanaan kan? Nah, siapa tahu pengunjung sekalian dapat tugas kaya gue jadi gue dengan ikhlas kasih contohnya deh, semoga bermanfaat ya. Anyway, data epidemiologinya fiktif belaka loh, gue ngarang beberapa jam sebelum diikumpul.
PENYULUHAN KUNJUNGAN POSYANDU
(KE POSYANDU YUK!)
Fase 1 : Diagnosis komunitas
Diagnosis komunitasnya adalah rendahnya
kunjungan ibu dan balita ke Posyandu Simpang Empat, Batulicin, Tanah Bumbu. (catatan : diagnosis komunitasnya sejelas mungkin ya! dan merupakan masalah yang mau diangkat dan ditanggulangi).
Fase 2 : Analisa data epidemiologi
- Jumlah balita yang mengalami kekurangan gizi meningkat di Tanah Bumbu dari tahun 2010 hingga tahun 2011 yaitu dari 5 kasus menjadi 15 kasus.
- Angka kejadian TBC dan campak pada balita meningkat cukup tinggi. Tercatat di kecamatan Simpang Empat dilaporkan ada 10 balita penderita TBC dan 15 balita penderita campak pada tahun 2011.
- Munculnya wabah diare pada balita bulan September 2011.
- Kunjungan rutin ke posyandu di kecamatan Simpang Empat cukup rendah. Sejak 2010 hingga 2011 kurang dari 50% ibu dan balitanya yang rutin mengikuti kegiatan posyandu. (catatan : data epidemiologi harusnya meliputi jumah populasi dan sampel dan jangan lupa tingkat pendidikan)
Fase 3 : Menentukan faktor resiko
- Kurangnya kesadaran ibu akan pentingnya posyandu. Banyak ibu yang berhenti membawa anaknya ke posyandu setelah imunisasi dasar telah lengkap didapatkan.
- Banyak ibu-ibu yang mengaku tidak memiliki waktu untuk membawa anaknya ke Posyandu.
- Banyak ibu yang beranggapan selama anaknya terlihat sehat dan berada di lingkungan yang cukup sehat maka tidak perlu mengkhawatirkan apapun. (catatan : jika ada faktor resiko lebih dari satu, di bagian akhir harusnya di beri kesimpulan mana yang paling urgen dan alasannya)
Fase 4 : Menentukan tingkat
pendidikan dan lembaga yang terlibat
Tingkat pendidikan masyarakat paling
banyak lulusan SMP dan lembaga yang terkait adalah Puskesmas Simpang Empat
serta PKK masing-masing kelurahan.(catatan : lembaga yang dicantumkan adalah yang terlibat selama pelaksanaan penyuluhan dan jika ada donatur).
Fase
5 : Perencanaan
a)
Tujuan : meningkatkan kesadaran dan
meningkatkan jumlah kunjungan aktif serta teratur ke Posyandu Simpang Empat. (catatan : sebenarnya tujuan itu mirip sama diagnosis komunitas)
b)
Sasaran : seluruh ibu yang memiliki balita di
wilayah kerja Puskesmas Simpang Empat. (catatan :sasaran harusnya yang rasional. Jika penyuluhan bersifat multicenter, tuliskan saja namun dijelaskan)
c)
Metode : ceramah dan diskusi
d) Waktu pelaksanaan : Dilaksanakan
beberapa kali, pelaksanaan disesuaikan jadwal Posyandu dan PKK. (catatan : untuk waktu kalo bisa sudah dirinci jam berapa saja)
e) Media pendukung : pamflet, lembar balik, dan presentasi power
point. (catatan : alat-alat pendukung seperti microphone atau proyektor juga dicantumkan)
f)
Materi yang ingin disampaikan :
Pokok
bahasan : Posyandu balita
Subpokok
bahasan :
1)
Pengertian posyandu
2)
Tujuan posyandu
3)
Sasaran posyandu
4)
Kegiatan posyandu
5)
Pentingnya posyandu
g) Dana :
dana BOK puskesmas
(Catatatan : untuk dana harus dirinci sejelas-jelasnya tentang pemasukan dan pengeluaran.
Pemasukaannya dari mana saja dan berapa jumlahnya. Pengeluarannya juga dirinci buat
apa aja.)
Fase 6 : Pelaksanaan
·
Persiapan : Membagikan pamflet
·
Pembukaan:
1. Memperkenalkan diri
2. Menjelaskan tujuan dari penyuluhan.
3.
Melakukan kontrak waktu.
4. Menyebutkan materi
penyuluhan yang akan diberikan.
·
Pelaksanaan :
1. Menjelaskan
tentang pengertian posyandu.
2. Memberikan
kesempatan pada ibu untuk bertanya.
3. Menjelaskan
tentang tujuan posyandu.
4. Memberikan
kesempatan pada ibu untuk bertanya.
5. Menjelaskan
tentang sasaran posyandu.
6. Memberikan
kesempatan pada ibu untuk bertanya.
7. Menjelaskan
tentang kegiatan posyandu.
8. Memberikan
kesempatan pada ibu untuk bertanya.
9. Menjelaskan
tentang pentingnya posyandu.
10.
Memberi kesempatan pada ibu untuk bertanya.
·
Evaluasi :
Menanyakan
pada ibu tentang materi yang diberikan dan mengevaluasi pemahaman
peserta pada materi serta komitmen peserta.
·
Penutup :
1. Mengucapkan terima kasih
kepada ibu-ibu.
2. Mengucapkan salam
Catatan akhir : berikan kesimpulan ya!
Komentar
Posting Komentar