Jumat, 18 Mei 2012

Gue BESWAN DJARUM, Masalah buat Lo?

Bangun pagi, ku terus cari remote, nyalain TV eh nonton lagi.

Kenapa tuh lagu ganti? coz gue hari ini inget kalo temen-temen dari beswan Djarum ikutan acara rangking 1. Kenapa gue nggak ikut? soalnya gue kagak ikutan sayembara cerita cinta di bloh beswan djarum. Kenapa gue nggak ikut tuh sayembara? alasannya tuh ada yang akademis ada yang galauis.

  1. Akademis = pas sayembara berlangsung gue mesti nyelesain proposal KTI yang nyaris bisa disebut tiket hidup mati gue sebagai mahasiswa.
  2. Galauis = seumur hidup gue nggak punya pacar, gimana caranya gue mau nulis cerita cinta. Pembaca yang berbahagia, sebenarnya orang bilang cinta itu nggak mesti sama pasangan. kalau gue bilang nyesek itu kalo temen lo cerita soal pasangan and lo cuma cerita hal nggak penting yang lo paksa buat cintain dan ceritain.
Oke,lah....gue nggak mau bersedih-sedih ria. Mending gue ceritain kisah hidup gue selama jadi beswan Djarum. Kalo ente-ente pade mau tahu program beasiswa plus Djarum, lo bisa akses www.djarumbeasiswaplus.org. Karena ini blok tempat gue cerita, berarti gue cerita aja ya enaknya jadi beswan Djarum 

  1. Tak kekurangan sandang, pangan, dan papan. Tiap Djarum ngadain acara dimanapun dan kapanpun, beswannya itu pasti dapat fasilitas yang ampun dah enaknya. Mulai dari tiket pesawat gratis (kualitas pesawat tergantung daerah asal lo and maskapai mana yang nyediain penerbangan dengan jalur dari tempat lo berasal ke tempat yang lo tuju). Terus pas sampai biasanya udah ada yang jemput atau lo boleh naik taksi (bukan angkot) entar duitnya digantiin. Pas sampai ke penginapan, lo bakalan sadar kalo hotel yang disewain buat lo itu emang mewah. Biasanya saat di hotel mewah seperti inilah baru keliatan mana yang katrok, mana yang ndeso. Gue pernah punya pengalaman almost 15 minutes being hopeless di depan pintu kamar hotel gara-gara nggak tahu cara ngebuka pintunya pake kartu yang kaya ATM itu. Waktu acara berjalan, tiap periode pasti lo dijejelin makanan. baik itu snack ataupun makan besar. Otomatis, biasanya pulang dari acara Djarum, badan lo naik beberapa kilo. Hebatnya lagi, tiap sesi acara mesti diseragamkan pakaiannya. Itulah gunanya ditanyakan ukuran kaos di formulir pendaftaran. Selama jadi beswan Djarum dan aktif ikut kegiatannya, paling nggak ada hampir 10 kaos yang didapat. Desainnya juga keren-keren, cin. Lumayanlah, habis acara masih wajar kalo dipakai jalan-jalan. selain variatif juga bisa dipakai buat gaya-gayaan.





Ini hotel tempat kami menginap. Pokoknya bakal lupa sama kos sangking nyamannya tidur di hotel






 Liat nih, Kecerian waktu ketemu teman-teman di bandara. Begitu sampai langsung makan-makan terus dijemput bus loh.
2.  Dapat banyak teman dan kenalan. Bayangin aja ya, cin. Jumlah beswannya itu kurang-lebih 450 orang. Kalo lo orang yang gampang SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) lo bisa dapat 449 kenalan dalam satu acara. Lo bayangin dah tu, kalo 10% dari mereka jadi orang terkenal misalnya pejabat atau artis, lo pasti bangga gila! Pada beberapa kasus yang gue perhatiin banyak loh yang akhirnya cinlok. Walaupun habis acara bakal LDR (Long Distance Relationship), cinta and kasih sayang akan selalu terjaga kan. Nah, yang gue rada sebel itu kalo ada beswan cowok yang udah punya pacar di kampung ternyata ngedekatin beswan cewek lain dengan alasan "Kalau di acara beswan, kita mendadak jomblo". satu kata buat orang-orang ini ASEM! menurut gue kesetiaan itu mesti dijaga kapanpun and dimanapun lo berada. Kalo terjadi sesuatu yang buruk ama lo, pasti yang langsung nangisin pacar lo yang beneran kan not the one you flirt with! Baiklah gue stop disini sebelum gue tambah berapi-api. 


3. Dapat Soft Skills segudang. Nggak cuma seneng-seneng aja lo isinya beasiswa Djarum. Ada juga soft   skillnya. Kaya teknik presentasi and manajemen organisasi. Bahkan kepercayaan diri sama keberanian bakal lo dapetin. Lo nggak bakal canggung presentasi di depan kelas soalnya udah ketanam di lobus-lobus (bagian/belahan) otak lo kalo lo aja sukses presentasi di depan ratusan beswan pilihan kenapa mesti takut presentasi di depan orang-orang yang random gitu (sombong!).Gue jamin lo jadi individu berbeda yang lebih baik. Nah, yang lo pikirin tinggal gimana mempertahankan kepositifan yang lo dapat.




4. Jalan-jalan ke tempat-tempat yang asyik. Biasanya kalau ada acara akan ditutup dengan jalan-jalan. Yang paling asyik itu pas Silatnas. Beswan Djarum bakal diajak keliling kota kudus termasuk mendatangi pabrik dan tempat-tempat pengolahan limbah PT. Djarum. Nggak ketinggalan juga kunjungan ke rekan-rekan beswan bakti olahraga. Itulah di PB Djarum. Kagum gitu ngeliat mereka, masih muda namun prestasinya sudah mendunia. Asrama mereka juga mewah loh! kalah deh kos-kosan gue. Kemaren kita sempat berdoa bersama. Semoga doa gue yang sederhana (biar kaya, terkenal, bisa keliling dunia, dapat lai cakep) bisa terkabul, hahaha. Nggak lupa pula biasanya mumpung ada acara dengan transport dan penginapan gratis biasanya beswan Djarum akan memperpanjang izin dari kampus supaya bisa bersenang-senang. Apa ajalah yang penting asyik!









5. Anti KanKer (Kantong Kering). Gimana mau kanker kalo tiap bulan dapat duit. 750 ribu per bulan gue yakin cukup menggiurkan dong. Belum ditambah sama hadiah kalo lo menang lomba dari Djarum. Tajir deh lo selama jadi beswan. Intinya selama 1 tahun lo punya modal buat bersenang-senang and berkreasi dengan dukungan finansial memadai.

6. Bertebaran artis. Kalau ada acara besar biasanya akan ada artis ibu kota yang terlibat di dalamnya. Kesempatan banget loh, kalau beruntung bisa foto bareng. Sebenarnya satu yang gue harap banget yaitu suatu saat Djarum ngundang SUPER JUNIOR. Rela deh gue jadi LO tanpa dibayar, disuruh kerja rodi, atau bahkan disuruh ngisi acara bareng mereka. Please Djarum, MAKE MY WISH COMES TRUE!
Di tengah asyiknya jadinya beswan Djarum, kadang gue ngerasain pahitnya juga. Dengan status mahasiswa FK (Fakultas Kedokteran) tak jarang ada yang bernada sinis bertanya "Kamu kok mau jadi beswan Djarum? padahal calon dokter? nggak merasa berdosa?". Kalo sudah gini pertanyaannya gue narik napas panjang dulu sebelum ngelempar kursi ke tuh orang. BERCANDA! gue nggak sebar-bar itu kok. 

Nah, gue mau bagi dikit pendapat gue tentang isu ini. Jujur gue bukan orang yang idealis. Gue itu lebih realistis and sometimes oportunis. Sekarang kalo ditinjau balik, selama ini Djarum nggak pernah kok minta para beswannya buat promoin produknya ataupun memaksakan suatu kontrak kerja. Kita cuma dikasih fasilitas dan disuruh memanfaatkan sebaik-baiknya untuk keuntungan kita.Di masa depan gue juga nggak akan ngeresepin rokok ataupun menyarankan merokok. Gue akan tetep jujur ke pasien tentang bahaya rokok. Gue orang yang berpikir positif kalau masyarakat Indonesia itu cerdas. Mereka tahu konsekuensi tiap tindakan yang mereka ambil. Tanpa komitmen seperti ini keraguan gue tentunya hilang. Gue berpikir masalah moral dan etika itu subjektif banget. Mungkin orang lain berpikir kalau moral  gue sebagai cadok payah, tapi gue dan anak FK lainnya yang jadi beswan Djarum cuma bisa bilang kami jujur dan akan bertanggung jawab atas pilihan kami. So stop bothering or judging us!

Justru dengan jadi beswan Djarum gue dapat bantuan banget. Gue punya tambahan finansial buat menyokong keperluan gue di perkuliahan. Beli buku, alat pemeriksaan, bahkan bayar SPP semesteran. Lewat teman-teman yang gue dapat di Djarum, gue memperluas pergaulan, dapat banyak bantuan tentang keilmuan yang kurang diajarkan tapi diperlukan di jurusan gue misalnya statistik (yang terasa banget mencekiknya saat KTI), dan gue dapat probandus buat latihan ketrampilan seperti konseling, anamnesis, bahkan pemeriksaan fisik.

Disini gue bukan membela Djarum ataupun menjelek-jelekkan pihak lain. I just shout my mind loud, ok. Buat mahasiswa terutama mahasiswa FK yang nggak setuju sama gue, gue minta maaf banget. Gue berharap pikiran kita semua terbuka untuk melihat sesuatu dari semua aspek bukan cuma dari sisi yang kita percaya benar.

Untuk pembaca yang tertarik buat gabung di Beasiswa Plus Djarum, jangan ragu buat akses websitenya. Kita bangga dan bahagia kalau kalian bisa bergabung di keluarga besar ini. COME JOIN US!



1 komentar:

  1. Assalamualaikum, idiiiiiih keren banget ternyata besawan djarum itu. Nggak seperti yang dibayangkan dibanding ebasiswa pada umumnya. Beswan djarum secara tak wajar memberikan paket2 khusus buat para beswannya :D Share dong mbak apa resep rahasia lolos seleksi beswan dan contoh pertanyaan yang diajukan pas wawancara. trims yah :)

    BalasHapus