Sabtu, 19 Mei 2012

CONTOH RENCANA PENYULUHAN KESEHATAN

Sekarang gue lagi belajar blok IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat). Salah satu materi skills lab yang diajarkan itu adalah materi penyuluhan. Sebelum terjun ke lapangan otomatis kita perlu bikin perencanaan kan? Nah, siapa tahu pengunjung sekalian dapat tugas kaya gue jadi gue dengan ikhlas kasih contohnya deh, semoga bermanfaat ya. Anyway, data epidemiologinya fiktif belaka loh, gue ngarang beberapa jam sebelum diikumpul.



PENYULUHAN KUNJUNGAN POSYANDU
(KE POSYANDU YUK!)

Fase 1 : Diagnosis komunitas
Diagnosis komunitasnya adalah rendahnya kunjungan ibu dan balita ke Posyandu Simpang Empat, Batulicin, Tanah Bumbu. (catatan : diagnosis komunitasnya sejelas mungkin ya! dan merupakan masalah yang mau diangkat dan ditanggulangi).
Fase 2 : Analisa data epidemiologi
  • Jumlah balita yang mengalami kekurangan gizi meningkat di Tanah Bumbu dari tahun 2010 hingga tahun 2011 yaitu dari 5 kasus menjadi 15 kasus.
  •  Angka kejadian TBC dan campak pada balita meningkat cukup tinggi. Tercatat di kecamatan Simpang Empat dilaporkan ada 10 balita penderita TBC dan 15 balita penderita campak pada tahun 2011.
  • Munculnya wabah diare pada balita bulan September 2011.
  • Kunjungan rutin ke posyandu di kecamatan Simpang Empat cukup rendah. Sejak 2010 hingga 2011 kurang dari 50% ibu dan balitanya yang rutin mengikuti kegiatan posyandu. (catatan : data epidemiologi harusnya meliputi jumah populasi dan sampel dan jangan lupa tingkat pendidikan)
Fase 3 : Menentukan faktor resiko
  •  Kurangnya kesadaran ibu akan pentingnya posyandu. Banyak ibu yang berhenti membawa anaknya     ke posyandu setelah imunisasi dasar telah lengkap didapatkan.
  •        Banyak ibu-ibu yang mengaku tidak memiliki waktu untuk membawa anaknya ke Posyandu.
  •      Banyak ibu yang beranggapan selama anaknya terlihat sehat dan berada di lingkungan yang cukup sehat maka tidak perlu mengkhawatirkan apapun.       (catatan : jika ada faktor resiko lebih dari satu, di bagian akhir harusnya di beri kesimpulan mana yang paling urgen dan alasannya)

Fase 4 : Menentukan tingkat pendidikan dan lembaga yang terlibat
Tingkat pendidikan masyarakat paling banyak lulusan SMP dan lembaga yang terkait adalah Puskesmas Simpang Empat serta PKK masing-masing kelurahan.(catatan : lembaga yang dicantumkan adalah yang terlibat selama pelaksanaan penyuluhan dan jika ada donatur).
Fase 5 : Perencanaan
a)      Tujuan               : meningkatkan kesadaran dan meningkatkan jumlah kunjungan aktif serta teratur  ke Posyandu Simpang Empat. (catatan : sebenarnya tujuan itu mirip sama diagnosis komunitas)
b)      Sasaran         : seluruh ibu yang memiliki balita di wilayah kerja Puskesmas Simpang Empat. (catatan   :sasaran harusnya yang rasional. Jika penyuluhan bersifat multicenter, tuliskan saja namun dijelaskan)
c)      Metode                 : ceramah dan diskusi
 d)   Waktu pelaksanaan : Dilaksanakan beberapa kali, pelaksanaan disesuaikan jadwal Posyandu dan PKK. (catatan : untuk waktu kalo bisa sudah dirinci jam berapa saja)
e)    Media pendukung  : pamflet, lembar balik, dan presentasi power point. (catatan : alat-alat pendukung seperti microphone atau proyektor juga dicantumkan)
f)        Materi yang ingin disampaikan :
Pokok bahasan : Posyandu balita
Subpokok bahasan :
1)      Pengertian posyandu
2)      Tujuan posyandu
3)      Sasaran posyandu
4)      Kegiatan posyandu
5)      Pentingnya posyandu
g)  Dana : dana BOK puskesmas
      (Catatatan : untuk dana harus dirinci sejelas-jelasnya tentang pemasukan dan pengeluaran.     
                       Pemasukaannya dari mana saja dan berapa jumlahnya. Pengeluarannya juga dirinci buat 
                       apa aja.)
Fase 6 : Pelaksanaan
·        Persiapan : Membagikan pamflet
·        Pembukaan:
1.      Memperkenalkan diri
2.      Menjelaskan tujuan dari penyuluhan.
3.      Melakukan kontrak waktu.
4.  Menyebutkan materi penyuluhan yang akan diberikan.
·        Pelaksanaan :
1.      Menjelaskan tentang pengertian posyandu.
2.      Memberikan kesempatan pada ibu  untuk bertanya.
3.      Menjelaskan tentang tujuan posyandu.
4.      Memberikan kesempatan pada ibu  untuk bertanya.
5.      Menjelaskan tentang sasaran posyandu.
6.      Memberikan kesempatan pada ibu  untuk bertanya.
7.      Menjelaskan tentang kegiatan posyandu.
8.      Memberikan kesempatan pada ibu  untuk bertanya.
9.      Menjelaskan tentang pentingnya posyandu.
10.    Memberi kesempatan pada ibu untuk bertanya.
·        Evaluasi :
Menanyakan pada ibu  tentang materi yang diberikan dan mengevaluasi pemahaman peserta pada materi serta komitmen peserta.
·        Penutup :
1.   Mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu.
2.   Mengucapkan salam

Catatan akhir : berikan kesimpulan ya!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar